Guru-Guru Membuat Modul IPS |
Pembagian kelompok sebagai berikut:
Kelompok 1 koordinator Victor Novan Hadi C, S.Pd (SMP Negeri 7 Bondowoso)
Kelompok 2 koordinator Pangki Martin F, S.Pd,MM.Pd (SMP Negeri 2 Prajekan)
Kelompok 3 koordinator Hadi Budiyono, S.Pd, M.BA (SMP Negeri 1 Curahdami)
Kelompok 4 Koordinator Slamet Heriyadi, S.Pd, MM.Pd (SMP Negeri 2 Tgrng)
Kelompok 4 Koordinator Slamet Heriyadi, S.Pd, MM.Pd (SMP Negeri 2 Tgrng)
Kelompok 5 Koordinator Wiwik Nurwidayati, S.E, M.Pd (SMP Negeri 1 Maesan)
Modul merupakan alat atau sarana pembelajaran yang berisi materi, metode, batasan-batasan, dan cara mengevaluasi yang dirancang secara sistematis dan menarik untuk mencapai kompetensi yang diharapkan sesuai dengan tingkat kompleksitasnya. Modul adalah bahan ajar yang disusun secara sistematis dan menarik yang mencakup isi materi, metode, dan evaluasi yang dapat digunakan secara mandiri.
Ciri-ciri modul sebagai bahan ajar antara lain:
1. modul harus mampu membelajarkan diri sendiri (self learning)
Ciri-ciri modul sebagai bahan ajar antara lain:
1. modul harus mampu membelajarkan diri sendiri (self learning)
2. tujuan awal dan tujuan akhir modul harus jelas dan dirumuskan secara terukur
3. materi dikemas dalam unit-unit kecil dan tuntas, terseda contoh-contoh dan ilustrasi yang jelas
4. tersedianya soal-soal latihan, tugas, dan sejenisnya
5. materi “up to date” dan kontekstual
6. bahasa sederhana, lugas, dan komunikatif
7. terdapat rangkuman materi pembelajaran
8. tersedia instrumen penilaian yang memungkinkan siswa melakukan “self assessment”
9. mengukur tingkat penguasaan materi diri sendiri
Sistematika Penulisan Modul:
Halaman Sampul
Halaman Francis
Kata Pengantar
Daftar Isi
Peta Kedudukan Modul
Glosarium
I.PENDAHULUAN
Deskripsi
Prasarat
Petunjuk Penggunaan Modul
Penjelasan Bagi Peserta didik
Peran Guru Antara Lain
Standard Kompetensi
Kompetensi Dasar
II. PEMBELAJARAN
Rencana Belajar Peserta didik
Kegiatan Belajar
Kegiatan Belajar
1
a. Tujuan Kegiatan Pembelajaran
b. Uraian Materi
c. Rangkuman
d. Tugas
e. Tes Formatif
f, Kunci Jawaban Formatif
f, Kunci Jawaban Formatif
g. Lembar Kerja
Kegiatan Belajar 2
Kegiatan Belajar 3, dst
III. EVALUASAI
Kognitif
Psikomotor
Afektif
Kunci Jawaban
III. PENUTUP
DAFTAR PUSTAKA
DAFTAR PUSTAKA
1 komentar:
IJIN DOWNLOAD
Posting Komentar